Inline file Javascript yang berukuran kecil

Sederhananya, Inline file javacript adalah menempatkan kode javascript anda kedalam sebuah file html, file javascript tidak lagi dipanggil dalam external file karena jika dipanggil sebagai external file, sebagai contoh:

<script src="//www.mfahmi.net/js/contoh-file-js.js"></script>

Maka browser akan download file external tersebut sebelum menampilkan satu halaman html. File external seperti javascript akan membuat load sebuah halaman tertunda karena proses download tersebut, lalu bagaimana cara inline kode javascript?

<script type="text/javascript">
// Kode Javascript anda disini
</script>

Bagaimana loading sebuah halaman html bekerja?

Pada dasarnya browser akan mendownload file-file external sebelum menampilkan seluruh markup dari satu halaman html, hal ini akan memperlambat browser untuk menampilkan sebuah halaman, external itu juga terhitung sebagai sebuah request, jika semakin kecil request dalam sebuah halaman itu akan membuat load semakin berjalan cepat. Gunakan inline javascript untuk file yang berukuran kecil maka browser tidak ada perintah untuk memanggil file external karena kode javascript anda berada dalam baris html, ini jelas akan mempercepat proses untuk menampilkan sebuah halaman dari situs / blog anda.


Author: Mohamad Fahmi

Saya adalah seorang part-time blogger, co-founder DroidLime.com, saya besar dan tinggal di Jakarta. Menyukai hal-hal yang berkaitan dengan Web, Desain, Musik, Internet dan SEO.

Ikuti saya di Github.

Comments on “Inline file Javascript yang berukuran kecil”